Dosen dan Mahasiswa KKN STPMD “APMD” Membuat Buku Saku Masyarakat Siaga COVID-19 (MASIV)

Wabah Virus Corona (COVID-19) telah ditetapkan oleh WHO sebagai sebagai pandemi global pada tanggal 30 Januari 2020 berlangsung cukup cepat dan sudah terjadi penyebaran antar negara. Jumlah kasus COVID-19 di dunia hingga 12 Agustus 2020 telah mencapai 20.547.842 dan pasien yang meninggal dunia sebanyak 746.408. Sedangkan di Indonesia kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 130.718, sedangkan pasien yang meninggal karena COVID-19 sebanyak 5.903. Layaknya pendakian sebuah gunung, kenaikan kasus COVID-19 masih jauh dari titik puncak. Belum ada yang tahu kapan puncak dan berapa jumlah kasusnya. Terlebih saat ini, kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi maklumat dan protokol kesehatan dari pemerintah semakin menurun. Physical distancing yang selama ini ditekankan oleh pemerintah kepada masyarakat, antara lain: larangan terhadap berbagai kegiatan yang mengumpulkan massa, himbauan untuk menjaga jarak fisik dan tidak keluar rumah jika tidak mendesak, arahan untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah, serta maklumat lain dalam rangka penanggulangan pandemi COVID-19, masih menjadi keengganan masyarakat untuk mematuhinya.

Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat di era adaptasi perilaku baru serta sebagai upaya mendukung proses penanggulangan pandemi COVID-19, maka Dosen Program Studi Pembangunan Sosial dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 53 Peduli COVID-19 STPMD “APMD” Yogyakarta yang concern terhadap upaya penyelesaian permasalahan sosial dan pemberdayaan masyarakat, tergerak untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui kampanye “Masyarakat Siaga COVID-19” secara massif via daring, yaitu dengan menyusun dan mesosialisasikan Buku Saku “Masyarakat Siaga COVID-19 (MASIV)”.

Buku ini memuat maklumat dan protokol kesehatan dari pemerintah yang wajib dilakukan oleh masyarakat di masa pandemi COVID-19. Isi dari buku saku ini merupakan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat Indonesia terkait pencegahan dan penanganan COVID-19, seperti misalnya: penjelasan tetang COVID-19, cara penularan, tanda dan gejala, cara pencegahan, kelompok rentan (lansia, anak dan penyandang disabilitas), physical distancing, stigma sosial, tata cara cuci tangan, penggunaan disinfektasi, penggunaan masker, tips berpergian dan lain sebagainya. Buku saku ini disosialisasikan secara daring oleh Mahasiswa KKN Peduli COVID-19 STPMD “APMD” Yogyakarta yang tersebar di seluruh Indonesia.