Kuliah Umum dalam Rangka Dies Natalis HMJ IMATRI Ke-30

Prodi Ilmu Sosiatri STPMD “APMD” Yogyakarta, Kamis (7/12) mengadakan Kuliah Umum dalam rangka Dies Natalis ke-30 dengan tema “Pengembangan Sikap Kecendekiawan dan Volunteerism Mahasiswa” oleh Br. Yohanes Kedang MTB.

“Pengembangan Sikap Kecendekiawan dan Volunteerism Mahasiswa oleh Br. Yohanes Kedang MTB.

Bruder Yohanes atau sering disapa Bruder Johny merupakan alumni Ilmu Sosiatri STPMD “AMPD” Yogyakarta menjelaskan Ketika kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat hal yang harus kita miliki adalah kemampuan.

Dimana kemampuan yang kita miliki harus kita kembangkan dan kita gunakan untuk memberdayakan masyarakat. Ketika kita memberdayakan masyarakat gunakanlah hati kita untuk memberdayakan mereka. Jika kita ingin membangun suatu hubungan dengan masyarakat “Ingatlah bahwa masyarakat memiliki harkat dan martabat yang sama dengan diri kita, dan milikilah sifat volunteerism”.

Diharapakan dari Kuliah Umum ini dapat membuka cakrawala HMJ IMATRI. Kekompakan suatu oraganisasi akan terlihat ketika suatu kegiatan akan diadakan. Misalnya saja APD, ketika mengadakan APD hal pertama yang harus diingat dalam pembentukan panitia harus melibatkan setiap angkatan. Ketika kita berada di lapangan (APD) berikan apa yang kita miliki kepada masyarakat sebagai catatan jangan mencari fasilitator dari luar, bahwa dengan hal seperti ini sama halnya diri kita yang diberdayakan. Saat memberdayakan masyarakat ingatlah bahwa masyarakat memiliki kekuatan tersendiri, yang berkaitan dengan kemampuan, kearifan lokal dan sumber daya alam. (Bertha-IS16).

Leave a Reply